Awal Kisah, Istilah Ngopi Bareng: Sudah ada Masa Kemerdekaan


TIDAK LUPA.COM - Istilah ngopi bareng yang sering dijadikan ajakan oleh anak-anak jaman now, ternyata itu sudah dilakukan dan bahkan sebagai istilah keren dimasanya orang-orang terdahulu pada masa kemerdekaan indonesia. Karena itu tidak heran jika generasi saat ini masih menggunakan tradisi ngopi bareng dalam segi apapun untuk kegiatn mereka sehari-hari.

Tidak banyak diketahu dan bahkan ini adalah kisah unik yang tersimpan sangat rahasia, salah satunya jepretan hasil foto kegiatan Presiden Soekarno dan Richard Nixon ngopi bareng di sebuah warkop, bulan Oktober 1953. Foto diambil di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Peristiwa unik ini terjadi tanpa direncanakan, dan berawal dari kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, ke Indonesia untuk memastikan kabar tentang situasi politik di Indonesia yang dianggap mengkhawatirkan. Di sela-sela kunjungannya, Soekarno mengajak Nixon untuk jalan-jalan sebentar, dan salah satunya adalah ke daerah wisata Puncak.

Awalnya Nixon ingin diajak ke Istana Cipanas. Entah bagaimana, Soekarno dan Nixon kemudian mampir di sebuah warung kopi. Di warung tersebut Nixon mencicipi kopi dan jajanan yang ada, seperti kue ali, pisang dan ubi rebus. Hal itu menjadi hal yang unik. Bagaimana tidak, tokoh sekelas Soekarno dan Richard Nixon kedapatan ngopi bareng di warkop!

Nixon sendiri kemudian menjadi Presiden Amerika Serikat ke-37 pada tahun 1969. Skandal Watergate memaksanya mengundurkan diri pada tahun 1974, dan menjadi satu-satunya presiden Amerika Serikat yang melakukan hal tersebut!

Di lansir dari sumber: Majalah American Miscellany No.64 / 1953

(WY)

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : tidak lupa

terimakasih anda telah membaca artikel yang kami buat di blok ini, semoga bisa memberikan wawasan cakrawala sejarah. silahkan baca artikel lainnya yang lebih menarik s