"SABAK", Kenangan Terpendam



Banyak orang tertuah mengatakn "cara belajar anak sekarang beda dengan dahulu, dan cara belajar anak sekarang jauh masih lebih enak dari jaman anak dahulu". Mungkin kata-kata ini sering kita dengar dari kakek,orang tua taupun orang-orang pernah mengalami masa-masa di jaman kemerdekaan.

Mengutip kata-kata diatas, salah satu yang dimaksud dalam kata beda mungkin slah satunya dari segi alat yang digunakan dalam belajar masa siswa/siswi jaman dahulu. Yaitu alat tulis yang biasa digunakan dalam mencatat semua materi yang di dapat oleh siswa siswi belajar, tetapi fungsinya tidak bisa di simpan tau bersifat paten yang bisa digunakan kembali pada saat sekarang yang dinami sebagai buku.

Buku jaman dahulu masih jarang taupun dikatan tidak ada, karena itu diganti alat tulis yang dinamakn sabak.


sumber foto : sam Manchoe Za, Murid SR Taman Siswa 1947.

"Sabak" terbuat dari lempengan batu karbon yang dicetak lempengan segi empat dan di tulisi dengan menggunakan grip (mirip pensil). Sebelum digunakannya buku tulis yang terbuat dari kertas, sabak merupakan alat tulis wajib yang dimiliki siswa sekolah indonesia pada tahun 1940 sampai dengan tahun 1960-an untuk alat bantu belajar tulis menulis.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : tidak lupa

terimakasih anda telah membaca artikel yang kami buat di blok ini, semoga bisa memberikan wawasan cakrawala sejarah. silahkan baca artikel lainnya yang lebih menarik s